FalyaNow my-Falya is... Lilypie Kids birthday PicAnd my-Khayra is...
Tulisan di blog ini hanya merupakan sharing dari saya. Tidak bermaksud menggurui siapapun. Jika bermanfaat, alhamdulillah. Jika tidak sesuai dengan pendapat Anda, saya mohon maaf dan agar dilupakan saja. Terima kasih...
REKSADANA, ALTERNATIF INVESTASI (I)
Thursday, March 06, 2008
REKSADANA, ALTERNATIF INVESTASI (I)
Bingung mau posting apalagi di blog. Kepikiran ntuk sharing pengalaman saya ikut reksadana. Sebenarnya penjelasan rinci tentang reksa dana bisa dilihat di http://www.perencanakeuangan.com/ by Safir Senduk.

Reksa Dana adalah sebuah bentuk investasi yang dilakukan secara kolektif (bersama-sama), dan investasi ini dikelola oleh sebuah perusahaan manager investasi. Kurang lebihnya begini kalau kita mau ikutan investasi di pasar modal misalnya mau beli saham perusahaan yang sudah go public (biasanya di belakang nama perusahaan ada tulisan Tbk yang artinya terbuka, misalnya PT. XYZ, Tbk) biasanya dana yang diperlukan cukup besar apalagi saham perusahaan besar. Pembelian minimal bisa puluhan, ratusan bahkan milyaran Rupiah. Nah masa sih masyarakat yang belum punya dana besar ga bisa ikut membeli saham perusahaan tersebut. Oleh karena itu melalui reksadana inilah kita bisa ikutan beli saham ataupun obligasi.

Gimana caranya???
Belinya lewat Manajer Investasi (perusahaan Securities seperti Trimegah Securities. Manulife, Mandiri, dll-bisa dilihat di harian Bisnis Indonesia atau di http://www.infovesta.com/). Manajer investasi sebelumnya udah beli saham, obligasi, deposito yang berasal dari dana mereka sendiri atau sponsor, lalu dikemas dalam berbagai macam produk yang dirasakan akan memberikan hasil optimal. Yang penting sebelum membeli bacalah Prospektus dari masing-masing produk. Prospektus ini diterbitkan tiap bulan.


Pada umumnya produk reksa dana dibagi dalam 4 jenis, mungkin nama jenis produk berbeda antara perusahaan tapi pada prinsipnya sama :

  1. Reksa Dana Saham yakni Reksa Dana dimana sebagian besar dana dialokasikan ke saham (70-90%) dan hanya sebagian kecil (30-70%) dialokasikan ke obligasi. Pemilihan jenis saham atau obligasi diatur sepenuhnya oleh MI. Reksa Dana Saham dianggap bisa memberikan potensi keuntungan paling besar namun potensi risikonya juga paling besar. Tentu berlaku prinsip high risk high return toch…
  2. Reksa Dana Pendapatan Tetap yakni reksa dana di mana sebagian besar dana dialokasikan ke dalam surat berharga yang memberikan pendapatan tetap, yaitu obligasi. Potensi return yang diberikan Reksa Dana Pendapatan Tetap biasanya dibawah Reksa Dana Saham, namun demikian, risikonya dianggap lebih kecil daripada Reksa Dana Saham.
  3. Reksa Dana Campuran. Alokasi dana biasanya secara sama rata ke dalam saham dan obligasi. Risikonya lebih besar daripada Reksa Dana Pendapatan Tetap, tapi lebih kecil daripada Reksa Dana Saham.
  4. Reksa Dana Pasar Uang. Alokasi dana dalam produk-produk Pasar Uang seperti Deposito, SBI, dan Obligasi Jangka Pendek. Potensi keuntungannya jauh lebih kecil dari ketiga reksa dana di atas.
Nah mungkin ada yang nanya potensi keuntungannya berapa sih??? Untuk itu kita perlu melihat history dari hasil kerja MI yang tertuang dalam prospectus, atau bisa juga dilihat di http://www.infovesta.com/. Sstt.. Penting nih.. Kinerja masa lalu tidak mencerminkan kinerja masa depan. Jadi tahun depan bisa saja perolehannya beda, bisa lebih tinggi atau lebih rendah.


Mekanisme kerja reksadana ?
MI ini kan membeli sejumlah saham, obligasi dan deposito. Misalnya total nilainya 5 Milyar. Nilai ini akan dibagi ke dalam unit penyertaan yang nilai awalnya biasanya Rp.1.000,- (NAV). Jadi total UP = 5 jt UP yang kemudian dijual kepada masyarakat. Karena 1 unit penyertaan= Rp.1.000 maka kalau kita punya duit Rp.5jt beli reksadana X misalnya, jumlah unit kita = 5.000.000/1.000 = 5.000 UP. NAV ini bergerak setiap hari bisa naik kalau nilai saham atau obligasi yang terkandung dalam reksadana X naik atau sebaliknya. Asumsikan naik sehingga nilai 5 Milyar tadi naik jadi 5.1 Milyar. So NAV menjadi 5.100.000.000/5.000.000 UP = 1.020. Jika jumlah unit yang kita beli tadi sebanyak 5.000 unit, berarti dana kita telah naik menjadi 5.000 x 1.020 = Rp.5.100.000,-.
Yah kurang lebih begitulah perhitungannya. Perubahan NAV semua produk reksadana dapat dilihat di infovesta. Kadang-kadang kalu ga sempat, saya lihat aja perkembangan IHSG di TV. Biasanya nih untuk yang RD dengan kandungan saham di dalamnya perkembangan dana disitu indikatornya dari IHSG (Index Harga Saham Gabungan). Kalau IHSG naik, NAV RD saham naik juga. Kenapa ? Ya karena RD saham umumnya membeli saham-saham bagus (Blue Chip) dan perhitungan IHSG berdasarkan kenaikan/penurunan saham terbesar di bursa.


Apakah Reksadana memberika imbal hasil tetap setiap bulan seperti deposito??? <span class="fullpost">
Jawabnya tidak. Hasil investasi dilihat dari kenaikan NAV. Kalau deposito return yang diperoleh setiap bulan sesuai yang tercantum dalam bilyet deposito pada tanggal yang sudah ditentukan. Kalau RD ya tergantung dari kenaikan NAV. Kalau nilai NAV saat kita jual unit lebih besar dari nilai NAV saat kita beli berarti nilai investasi kita naik. Misalnya nih contoh kasus tadi saat beli nilai NAV = 1.000 kita dapat unit penyertaan 5.000. Nah bulan depan misalnya NAV jadi 1.050 so dana kita menjadi 1.050 x 5.000 = Rp.5.250.000,-. Ada kenaikan dana Rp.250.000. Bisa ga 250 rb ini ditarik? Ya bisa aja yakni dengan menjual unit kita equivalen senilai Rp.250.000. Tapi kadang MI menerapkan aturan pengenaan charge jika kita menjual unit <> 1 tahun. Tapi masyarakat boleh menarik dana pokoknya kapan saja. Perusahaan biasanya punya dana cadangan untuk nalangin dana yang dicairkan sembari menjual obligasi di pasar. Tapi kalau banyak yang narik dananya mau ga mau perusahaan harus menjual obligasi berapapun harga obligasi tersebut di pasar. Nah kalau harga obligasi di pasar turun otomatis perusahaan rugi dong kalau nombokin. Akhirnya masyarakat yang narik dananya ikut mengikuti penurunan harga obligasi alias dana pokoknya jadi tergerus.

Labels: , ,

posted by Widifayra @ 6:01 pm  
0 Comments:

Post a Comment

<< Home
 

LANGSING & SEHAT

TOKO BAJU ONLINE

TOKO BAJU ONLINE

RAHASIA RUMAH GRATIS

RAHASIA RUMAH GRATIS

KLIK DISINI RAHASIA MENDAPATKAN RUMAH GRATIS !!! GRATIS E-BOOK SENILAI Rp.200.000,- PERSEDIAAN TERBATAS !!!

BINGUNG MENGATUR KEUANGAN ANDA???

CHECK UP FINANCIAL

SOLUSINYA DISINI !!!

About Me

Widya Astuti's Profile
Widya Astuti's Facebook profile

Click My Profile Picture To See Me @ FACEBOOK

Name: Widifayra
Home: Pos Pengumben, Kb. Jeruk, Jakarta Barat, DKI Jakarta, Indonesia
About Me: Nama saya Widya Astuti, biasanya dipanggil WIDI. FAYRA adalah gabungan nama 2 putri saya(FAlya-12 th dan khaYRA6 th). Lulusan PTN di Bogor dan pernah bekerja di salah satu Bank Swasta di Jakarta sebagai marketing kredit. Saat ini sebagai WAHM (Work At Home Mom), berbisnis untuk lebih mengembangkan potensi diri...dengan dukungan rekan-rekan yang super hebat di komunitas TDA.
Email: widifayra@yahoo.co.id
Kategori
Previous Post
Links
Bisnis
Kesehatan
Pendidikan
Comments

count webpage visits
Aku Langsing




Member of

JOIN TDA

Rekan TDA