FalyaNow my-Falya is... Lilypie Kids birthday PicAnd my-Khayra is...
Tulisan di blog ini hanya merupakan sharing dari saya. Tidak bermaksud menggurui siapapun. Jika bermanfaat, alhamdulillah. Jika tidak sesuai dengan pendapat Anda, saya mohon maaf dan agar dilupakan saja. Terima kasih...
Yuk Arisan Emas
Friday, March 09, 2012
Yuk Arisan Emas
Emas telah dihargai sepanjang sejarah. Budaya Mesir kuno, Cina sampai pada penduduk asli Amerika menghargai emas karena keindahan dan karakteristiknya. Emas adalah logam lunak, sehingga mudah untuk dibentuk namun sangat kuat, tidak merusak, karat atau korosi. Emas mempertahankan kilau estetis dari waktu ke waktu. Semua faktor ini menjadikan emas sebagai karya seni, perhiasan dan koin. Emas juga berguna untuk aplikasi pada barang elektronik. Hampir setiap komputer di dunia memiliki beberapa kandungan emas di dalamnya.

Dalam sejarah Islam, emas dipergunakan sebagai alat tukar dalam bentuk dinar. Bukti bahwa Emas (dan perak dalam bentuk dirham) merupakan alat tukar paling stabil yang pernah dikenal oleh dunia yakni sejak awal sejarah Islam sampai saat ini, nilai dari mata uang Islam yang didasari oleh mata uang bimetal ini secara mengejutkan sangat stabil jika dihubungkan dengan bahan makanan pokok: Harga satu ekor kambing/domba kualitas bagus pada masa Rasulullah, salla’llahu alaihi wa sallam, adalah satu dinar. Saat ini, 1,400 tahun kemudian, harga satu ekor kambing/domba kualitas bagus tetaplah satu dinar. Jadi selama 1,400 tahun nilai inflasi emas adalah nol.

Apakah hal yang sama berlaku terhadap dollar, rupiah atau mata uang lainnya selama 25 tahun terakhir ini?
Delapan Hal Yang Harus Diketahui Tentang Emas (dikutip dari website geraidinar.com):

1) Emas adalah komoditi yang spesial dan unik : Emas digali dari perut bumi dan terakumulasi di permukaan bumi. Emas tidak dikonsumsi, jadi jumlahnya terus bertambah. Meskipun demikian emas selalu menjadi barang langka karena seluruh emas yang ada di permukaan bumi saat ini diperkirakan hanya berkisar antara 150,000 ton – 160,000 ton saja.

2) Supply emas dunia terbatas pada yang berada di permukaan bumi :Karena tidak dikonsumsi, maka total supply emas di seluruh dunia sama dengan jumlah seluruh emas di permukaan bumi. Kenaikan setiap tahun supply ini berkisar antara 1.5% - 1.7%.

3) Emas adalah uang sepanjang zaman : Emas selalu menjadi uang dalam sejarah manusia – diakui ataupun tidak. Fakta, pemerintahan-pemerintahan di dunia mengendalikan nilai uang kertasnya dengan mempengaruhi supply emas di pasar adalah sebuah pengakuan bahwa emas lah yang sebenarnya uang itu.

4) Emas adalah alternatif dari US$ dan mata uang kertas lainnya : Seluruh mata uang kertas turun nilainya dari waktu ke waktu karena uang baru selalu bisa dicetak kapan saja dan berapa saja pemerintah mau. Emaslah yang memiliki daya beli yang nyata – bukan US$ , Rupiah atau mata uang kertas lainnya.

5) Daya beli Emas stabil sepanjang zaman : Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa harga 1 ekor kambing dari jaman Rasulullah sebesar 1 dinar sama dengan harga kambing (kualitas bagus)saat ini yang berkisar 1 dinar (saat artikel ini ditulis 1 dinar=Rp.2.246.000)

6) Nilai emas ditentukan oleh pasar : Meskipun pemerintahan-pemerintahan di dunia berusaha mempengaruhi harga emas dunia, kemampuan mereka terbatas dan makin lama- makin habis pengaruhnya.

7) Emas selalu dalam kondisi ‘Bull Market’ : Tahun 1994 harga 1 Dinar adalah Rp 111,000; hari ini 1 Dinar berharga Rp 1,150,000. Artinya emas harganya naik 10 kali lipat dalam 14 tahun terakhir. Apa yang menghalangi harga emas untuk naik 10 kali lipat lagi dalam 14 tahun kedepan ? Tidak ada !. Artinya bisa saja harga 1 Dinar akan mencapai Rp 11.5 juta pada saat anak Anda yang baru lahir sekarang – masuk SMA ! di tahun 2022 . Tapi ingat , dalam jangka pendek harga emas selalu bergejolak naik-turun seperti yang terjadi hari-hari ini.

8) Beli emas dalam bentuk fisik (berupa koin atau batangan) dan jangan membeli emas hanya dalam bentuk sertifikat : jangan terlalu mengandalkan sistem perdagangan modern yang menggantungkan pada surat berharga, surat hutang dan sejenisnya – meskipun di back-up dengan emas. Penggunaan emas secara fisik jauh lebih aman untuk keperluan investasi dan proteksi nilai.
Dari uraian di atas pantaslah kita menjadikan emas sebagai salah satu instrument investasi, minimal sebagai hedging (lindung nilai) dari inflasi. Emas untuk investasi sebaiknya dalam bentuk emas murni berbentuk batangan dan bukan dalam bentuk emas perhiasan. Kandungan emas dalam perhiasan biasanya 50-85% padahal harga emas perhiasan juga memperhitungkan ongkos kerja dan desain. Saat hendak menjual kembali, toko emas hanya memperhitungkan harga beli kandungan emas dalam perhiasan itu. Jika tetap ingin mengkoleksi emas dalam bentuk perhiasan, minimal belilah perhiasan emas dengan kandungan emas 75% karena saat dijual kembali, kandungan emas dalam perhiasan tersebut akan dihitung mengikuti harga emas yang berlaku saat itu walaupun tetap tidak lagi memperhitungkan ongkos kerja dan desain.
EMAS LOGAM MULIA
Logam Mulia merupakan salah satu Unit Bisnis dari PT Antam (Persero) Tbk, adalah satu-satunya pemurnian emas dan perak di Indonesia. Memiliki pengakuan dari LBMA (London Bullion Market Association) dan termasuk di dalam Good Delivery List of Acceptable Refiners of Gold Bars sejak 1 Januari 1999.
Logam Mulia adalah produk / merk dagang untuk produk logam yang diproduksi oleh PT ANTAM Tbk. Saat ini produk yang sangat digemari masyarakat adalah Emas Logam Mulia (biasa disebut emas LM).
Secara umum hasil produk ini dibagi menjadi dua jenis. Cast Bar dan Minted Bar. Cast bar biasa bentuknya berupa cetakan dan tidak begitu rapi. Biasanya cetakan cast bar dapat dijumpai dalam bentuk-bentuk batangan emas dengan volume besar seperti 250gram dan 1.000gram. Minted bar memiliki bentuk lebih rapi. Pecahan minted bar terdiri dari 1gr, 2gr, 2.5gr, 3gr, 4gr, 5gr, 10gr, 25gr, 50gr dan 100gr. Nomor seri barang hanya berada pada pecahan 10gr hingga 1.000gr. Di bawah pecahan 10gr tidak akan ada nomor seri per sertifikat Maret 2011.
Harga Emas
Terdapat 5 pasar emas utama di seluruh dunia yakni New York, London, Hongkong, Zurich,dan Sidney. Setiap pasar memiliki jam operasi sendiri tergantung pada zona waktu. Harga emas diperlihatkan dalam mata uang US Dollar dan Euro pada seluruh pasar di seluruh dunia dan berubah 2 kali dalam sehari. Pasar emas dunia menggunakan istilah Troy Ounce (TOZ) untuk mengukur satuan berat emas dimana 1 TOZ (baca troy onz)=31,1034768 gram. Acuan harga emas di Indonesia bisa dilihat di website logammulia.com. Seperti halnya saham, harga emas dipengaruhi oleh kondisi ekonomi dunia. Karena emas merupakan alternative terhadap USD maka jika bursa saham mengalami rebound harga emas cenderung naik demikian sebaliknya. Orang akan berbondong—bondong mengalihkan investasinya ke emas jika harga saham turun yang akhirnya menyebabkan harga emas melonjak. Harga emas di Indonesia dipengaruhi oleh harga emas dunia (USD/troy) dan nilai tukar Rupiah terhadap USD. 
Pada website logammulia.com ditampilkan harga jual yang berbeda untuk 1gr, 2gr, 2.5gr, 3gr, 4gr, 5gr, 10gr, 25gr, 50gr dan 100gr. Harga per gr LM akan semakin mahal untuk pecahan LM dengan ukuran lebih kecil karena adanya ongkos cetak. Saat akan menjual kembali, harga yang yang diberlakukan akan sama untuk semua pecahan LM yakni harga beli seperti yang tercantum di website. Harga itu tidak berlaku baku apabila dijual di toko emas. Terkadang toko emas menetapkan harga beli yang lebih murah untuk pecahan LM yang lebih berat.
Lokasi Pembelian Emas Logam Mulia
1. Kantor ANTAM Pulogadung
2. Kantor Pegadaian. Beberapa cabang pegadaian menerapkan system pesan (indent). Harga emas yang ditetapkan adalah harga emas saat pemesanan + biaya administrasi dan dibayar saat pemesanan. Emasnya sendiri bisa diambil beberapa hari kemudian sesuai yang ditetapkan pegadaian. Untuk pegadaian luar Jakarta terkadang emas pesanan baru bisa diambil dalam jangka waktu 1 bulan.
3. Toko emas. Pastikan bahwa emas Logam Mulia yang dibeli di toko tersebut mempunyai sertifikat resmi dari Antam. Jangan membeli emas tanpa sertifikat walaupun harganya lebih murah. Sebaiknya mintakan juga kwitansi pembelian. Hal ini memudahkan saat jika ingin menjual kembali emas itu di toko tersebut. Semakin berkembangnya penggunaan internet sekarang ini memunculkan banyak yang menjual emas melalui internet yang kerap disebut toko emas online. Berikut perbedaan toko emas offline dan toko emas online:
i. Toko emas offline
  • yakni toko emas yang mempunyai toko secara fisik. Pembeli bisa datang langsung ke toko dan melihat fisik emas yang akan dibeli. Pilihlah toko emas yang besar dan terpercaya. Biasanya harga emas yang dijual lebih murah dibanding toko emas lainnya bahkan terkadang lebih murah dibandingkan harga emas di Antam

ii. Toko emas online
  • yakni toko emas yang menjual emas secara online. Pemasaran dilakukan melalui internet. Setelah pembeli mentransfer seharga emas Logam Mulia yang dibeli ditambah dengan ongkos kirim dan biaya asuransi pengiriman, penjual akan mengirim emas tersebut kepada pembeli. Pembelian dengan cara ini lebih memudahkan karena pembeli tidak perlu datang ke toko emas, sangat membantu bagi pembeli yang tinggal jauh dari pusat kota. Hanya saja pembeli harus menyelidiki terlebih dahulu kebenaran toko emas online tersebut. Sebaiknya pilihkan toko online emas yang juga mempunyai toko offline. Datang dan cek terlebih dahulu ke toko emas offline dan pastikan apakah toko itu memang menjual secara online dan catat dengan jelas alamat domain toko online mereka.

Penyimpanan Emas
Menyimpan emas memiliki resiko hilang atau dicuri. Oleh karenanya menyimpan emas sebaiknya dalam safety box bila menyimpannya di tumah. Lebih aman lagi jika menyimpan emas di Safe Deposit Bank (SDB). Tidak semua bank menyewakan SDB. Harga sewanya pun berbeda antar bank, biasanya berkisar Rp.100.000,- s/d Rp.1.000.000,-/tahun, tergantung besarnya SDB yang akan disewa. Jika hanya menyiman emas pilihlah SDB dengan ukuran paling kecil sehingga harga sewanya pun lebih murah.
DINAR
Selain emas murni dalam bentuk batangan, investasi emas juga bisa dalam bentuk dinar. Dinar adalah koin emas seberat 4,25 gram. Kadar emas dinar ada yang 22 karat dan ada juga 24 karat. Pada masa Rasulullah, ditetapkan berat standar dinar diukur dengan 22 karat emas, atau setara dengan 4,25 gram (diameter 23 milimeter). Standar ini kemudian dibakukan oleh World Islamic Trading Organization (WITO), dan berlaku hingga sekarang.Dinar yang dikeluarkan oleh geraidinar.com dan wakalanusantara.com mempunyai kadar emas sebesar 22 karat. Dinar yang dijual oleh kedua gerai tersebut adalah keluaran dari Antam. Mereka memesan dinar ke Antam bergambar identitas dari masing-masing gerai. Setiap dinar yang dijual juga akan disertai dengan sertifikat. Perbedaan dinar dengan emas batangan, adalah kandungan emas di dalamnya. Namun dari sisi harga beli kembali (oleh penjual) dinar lebih menguntungkan karena selisih harga jual dan beli dalam dinar yang dikeluarkan oleh gerai dinar dan wakala nusantara adalah 4% (fixed). Biasanya untuk mendapatkan selisih harga tepat sebesar itu, penjualan kembali dinar yang dimiliki agar dilakukan di masing-masing tempat penjualan dinar tersebut. Sebagai perbandingan, berdasarkan harga resmi emas LM yang tertera di website Antam, harga jual LM sebesar 4 gr saat artikel ini dibuat (1 Maret 2012) adalah sebesar 528.500 IDR dan harga beli sebesar498.000 IDR. Berarti perbedaan harga jual dan harga beli LM 4 gr sebesar 5.7% (perbandingan menggunakan harga emas LM 4 gr yang paling mendekati kadar emas dalam dinar yakni 4,25 gr).
Kredit Pemilikan Emas
Saat ini berbagai kemudahan ditawarkan untuk bisa berinvestasi emas. Beberapa bank syariah menawarkan kepemilikan emas dengan system cicilan. Selain bank syariah, pegadaian pun menawarkan kepemilikan emas dengan cara tunai maupun cicilan. Untuk kepemilikan emas dengan system cicilan, ada biaya lain yang harus ditanggung yakni biaya administrasi yang dibayar saat akad kedit dan biaya penyimpanan emas yang dibayar bulanan selama masa kredit. Biaya penyimpanan emas dibebankan karena selama belum lunas maka emas LM tersebut akan disimpan pada bank sebagai jaminan. Besarnya biaya penyimpanan emas berbeda antar bank namun biasanya dihitung per gram emas/bulan. Jadi semakin berat ukuran emas yang dibeli maka semakin besar biaya penyimpanan yang dibayar per bulan.
Arisan Emas
Arisan emas adalah cara paling mudah dan asyik untuk menabung sekaligus investasi. Arisan emas sama dengan arisan uang. Setiap bulan peserta mengumpulkan sejumlah uang. Bedanya kalau arisan biasa dapatnya uang kalau arisan emas dapatnya emas.
Beberapa kelebihan arisan emas adalah :
1. Adil.
Nilai emas ‘tetap’ daya belinya terhadap komoditas lain. Jika dibandingkan dengan Rupiah nilai emas selalu naik karena nilai Rupiah selalu tergerus dengan inflasi sementara emas tidak dipengaruhi inflasi.
Dalam arisan emas peserta sepakat bahwa satuan perhitungannya adalah gram emas, sehingga setoran bulanan selalu berubah mengikuti harga emas yang berlaku saat itu. Siapapun yang mendapatkan arisan di awal nilainya akan sama dengan siapapun yang mendapatkannya di akhir periode. Bila arisan uang maka nilai uang akan semakin menurun dan akan merugikan peserta yang namanya keluar di akhir periode.
2. Bernilai investasi
Arisan berupa emas langsung bernilai investasi. Emas yang diperoleh cenderung akan disimpan baik-baik sebagai investasi. Bandingkan dengan arisan uang yang mana jika disimpan ke dalam tabungan akan terus menurun nilainya.
3. Mencegah pemborosan.
Kebanyakan peserta arisan saat mendapatkan arisan dalam bentuk uang cenderung ada keinginan untuk membelanjakan uang ‘kaget’ yang diterima dengan barang-barang yang mungkin tidak atau belum dibutuhkan. Apalagi jika diadakan di mal dan pusat perbelanjaan, dimana godaan belanja siap mengahadang jalur pulang si pemenang arisan. Dalam bentuk fisik emas, kita cenderung menyimpannya baik-baik.
Mekanisme arisan emas
Arisan emas bisa dimulai dari satuan paling kecil yakni 1 gram. Bisa setor uang ataupun emas itu sendiri. Bila setor uang maka semua peserta menyetor dalam bentuk uang, demikian halnya jika kesepatakan untuk menyetor dalam bentuk emas. 
Setoran berupa uang
1. Sejumlah peserta arisan sepakat mengadakan arisan emas LM dengan berat tertentu, misalnya arisan emas 10 gram.
2. Uang yang dikumpulkan lalu dibelikan emas LM 10 gr. Peserta bisa menunjuk satu orang yang dipercaya sebagai Bandar/pengurus untuk mengumpulkan dana dan membelikan LM emas dan menyerahkan kepada peserta yang namanya keluar dalam kocokan arisan.
3. Karena harga emas berubah setiap saat, maka jumlah uang yang disetor akan berubah setiap bulan. Cara menyiasatinya bisa dengan cara:
  • 1. Bandar/pengurus membeli emas satu hari sebelum tanggal kesepakatan dengan dana talangan dari bandar/pengurus. Saat arisan dikocok emas sudah tersedia dan dana yang disetor dihitung dari harga emas dibagi jumlah peserta.
  • 2. Peserta arisan menyetor dana ke bandar/pengurus paling lambat 2 hari sebelum arisan. Besarnya dana bisa diperkirakan dari rata-rata harga emas seminggu terakhir dengan melebihkan sedikit, menjaga jika harga emas naik dari harga rata-rata. Bandar kemudian membeli emas sehari sebelum arisan. Pada saat arisan Bandar mengembalikan kelebihan dana yang disetor (jika ada).
  • 3. Peserta arisan menyetor dana ke bandar/pengurus sejumlah rata-rata harga emas setahun terakhir. Jumlah setoran tetap setiap bulannya. Bila ada kelebihan dana maka akan disimpan sebagai deposit yang akan digunakan jika harga emas naik melebihi setoran bulanan. Jika memilih cara ini maka bandar harus orang yang benar-benar dipercaya menyimpan uang peserta arisan.
Setoran berupa emas
Cara ini lebih ringkas karena tidak membutuhkan Bandar/pengurus. peserta arisan sepakat menyetor emas Logam Mulia seberat 1gr/orang. Jadi peserta yang namanya keluar dalam kocokan akan mendapatkan emas LM sebesart 1 gr sebanyak jumlah peserta arisan. Kelemahan cara ini tiap peserta harus mengeluarkan uang yang lebih besar karena harga emas 1gr lebih mahal dibandingkan per gram emas untuk ukuran 10gr. 
Emas sebaiknya disimpan minimal 3 tahun dan dijual kelak misalnya untuk biaya kuliah anak, uang muka rumah, sebagai tabungan pensiun atau untuk modal bisnis. Dengan adanya arisan emas ini, diharapkan dapat belajar menabung sekaligus berinvestasi, dengan demikian seorang istri yang notabene sebagai ‘bendahara’ dalam keluarga memiliki alternative tabungan untuk mencapai tujuan financial keluarga mereka di masa datang.


Widifayra
Mau Langsing dengan Nutrisi Sehat Alami?
Just klik

Labels: , , , ,

posted by Widifayra @ 6:19 am  
2 Comments:
  • At 10 June 2015 at 2:39 pm, Blogger Mba Fuji said…

    Saya bersyukur telah menemukan muliainvestama.blogspot.com Setelah beberapa kali tertipu dengan bisnis internet..
    akhirnya pencarian saya berakhir di muliainvestama.blogspot.com. Bisnis ini benar-benar menjadi solusi buat saya yang mencari penghasilan tambahan..
    Cara kerjanya sangat mudah, sistem bonusnya juga sangat bagus..Dan yang paling penting Admin sangat mendukung Investor..
    bahkan Admin selalu membantu saya mencarikan solusi yang terbaik waktu saya masih baru bergabung.. Terima kasih Admin MULIA INVESTAMA

     
  • At 9 May 2017 at 4:18 pm, Blogger Sarah IFX said…

    Halo,

    Perkenalkan, nama saya Sarah, salah satu staff perwakilan Perusahaan Broker Instaforex.com
    Broker terbaik http://ifxid.com/awards.php

    Kami ingin menawarkan kerja sama yang memberikan Anda minimal keuntungan 1.5 pips - 5.3 pips( 15 $ - 53 USD untuk lot pasar secara umum) dari setiap trading klien yang berada dibawah Anda.

    Untuk memulai kerjasama, Anda hanya perlu mendaftar melalui link ini https://secure.ifxid.com/en/affiliate-registration.aspx?lang=en

    Selain Keuntungan diatas, kami juga menawarkan keuntungan lainnya seperti yang tertera dibawah ini :

    Komisi 1.5 - 5.3 pip untuk Forex dan mencapai 20-26 pips untuk Gold; ( partners.ifxid.com/en/partners_comissions.php/)

    - Reward tambahan untuk broker yang maju;
    - Akses online statistik afliasi selama 24 jam;
    - Gratis analisa lalu lintas link afliasi anda;
    - Website lengkap gratis dengan kemudahan administrasi;
    - Berita-berita forex gratis untuk klien anda;
    - Pemilihan materi promosi dan edukasi yang luas;
    - Kesempatan pendistribusian buku disediakan oleh perusahaan;
    - 8 tipe kemitraan dengan InstaForex dan potensi perkembangan partner.
    - Kartu debit bank dari InstaForex

    NB:
    Untuk program sub IB, Anda mendapatkan 0.1 pip dari subIB
    dan juga bonus point dari klien Anda.

    Jika Anda tertarik, mohon hubungi kami pada kontak-kontak dibawah ini :

    Dengan hormat,
    Sarah
    Partner Department Consultant

    Email: sarah@mail4.instaforex.com
    ID skype: sarah@mail7.instaforex.com
    YM: sarah.ifx@yahoo.com
    Whatsapp : 08111490500

     

Post a Comment

<< Home
 

LANGSING & SEHAT

TOKO BAJU ONLINE

TOKO BAJU ONLINE

RAHASIA RUMAH GRATIS

RAHASIA RUMAH GRATIS

KLIK DISINI RAHASIA MENDAPATKAN RUMAH GRATIS !!! GRATIS E-BOOK SENILAI Rp.200.000,- PERSEDIAAN TERBATAS !!!

BINGUNG MENGATUR KEUANGAN ANDA???

CHECK UP FINANCIAL

SOLUSINYA DISINI !!!

About Me

Widya Astuti's Profile
Widya Astuti's Facebook profile

Click My Profile Picture To See Me @ FACEBOOK

Name: Widifayra
Home: Pos Pengumben, Kb. Jeruk, Jakarta Barat, DKI Jakarta, Indonesia
About Me: Nama saya Widya Astuti, biasanya dipanggil WIDI. FAYRA adalah gabungan nama 2 putri saya(FAlya-12 th dan khaYRA6 th). Lulusan PTN di Bogor dan pernah bekerja di salah satu Bank Swasta di Jakarta sebagai marketing kredit. Saat ini sebagai WAHM (Work At Home Mom), berbisnis untuk lebih mengembangkan potensi diri...dengan dukungan rekan-rekan yang super hebat di komunitas TDA.
Email: widifayra@yahoo.co.id
Kategori
Previous Post
Links
Bisnis
Kesehatan
Pendidikan
Comments

count webpage visits
Aku Langsing




Member of

JOIN TDA

Rekan TDA