FalyaNow my-Falya is... Lilypie Kids birthday PicAnd my-Khayra is...
Tulisan di blog ini hanya merupakan sharing dari saya. Tidak bermaksud menggurui siapapun. Jika bermanfaat, alhamdulillah. Jika tidak sesuai dengan pendapat Anda, saya mohon maaf dan agar dilupakan saja. Terima kasih...
Regrouping SDN di Jakarta
Tuesday, June 05, 2012
Regrouping SDN di Jakarta
 
Surat Edaran Diknas Jakarta yang disampaikan melalui website sd.ppdbdki.org menjawab keheranan saya mengapa SDN 11 RSBI Kebon Jeruk tiba-tiba menambah daya tampung penerimaan murid baru kelas 1 dari yang sebelumnya tercantum di website sd.ppdbdki.org adalah sebanyak 56 orang menjadi 84 orang yang baru kami ketahui saat pengumuman kelulusan. 



Sejak naik status menjadi RSBI, SDN 11 Kebon Jeruk hanya menerima 28 murid kelas 1 (1 kelas) dan baru tahun ini melonjak menjadi 3 kelas padahal murid kelas 6 yang lulus tahun ini sebanyak 2 kelas.  Lalu di mana ruang kelas tambahan jika ada penambahan 1 kelas lagi?  Lagi pula sekolahnya tidak bertingkat seperti sekolah Falya dulu padahal SD-nya Falya berstatus regular.

Ternyata oh ternyata SDN 11 Kebon Jeruk digabung atau istilah kerennya Regrouping dengan SDN 12 Kebon Jeruk.  SDN 12 Kebon Jeruk ini letaknya persis di samping SDN 11 Kebon Jeruk alias dempetan.  Herannya saat pendaftaran, saya yang selalu parkir mobil di depan SDN 12 melihat banner yang terpasang di dinding sekolah tertulis kurang lebih bunyinya “Menerima murid baru tahun ajaran 2012/2013 tanpa dipungut biaya apapun”.  Banner itu sepertinya baru dicetak karena warnanya masih kinclong.  Lha kenapa tiba-tiba sekolah itu menjadi “TIDAK GRATIS”.  Semua orang juga tahu bahwa sekolah dengan embel-embel RSBI TIDAK GRATIS alias bayar! Ya bayar uang pangkal, bayar uang bulanan dan bayar kegiatan-kegiatan lain.  Kalau merujuk tahun lalu (seperti yang saya tanyakan kepada humas SDN 11) uang masuknya Rp.5 jutaan lebih dan bulanan 200-an ribu lebih.  




 (terlihat dari daftar SD reguler yang ada di website 
sudah TIDAK TERDAPAT SDN 12 Kebon Jeruk, dari SDN 10 langsung ke SDN 13)


Aneh! Terlihat tidak adanya koordinasi yang bagus di kementerian pendidikan.  Saya jadi mikir, sampai detik terakhir penerimaan, perubahan jumlah anak yang diterima masih tidak jelas.  SD dengan status regular tiba-tiba ‘naik pangkat’ menjadi RSBI setelah bergabung dengan SDN RSBI. Padahal dengan status RSBI system pengajaran serta fasilitas berbeda dengan status regular.  Saya tahu karena anak saya Falya bersekolah di SDN regular namun saat SMP Alhamdulillah bisa masuk SMPN RSBI.  Perbedaan utama dari pelajaran math dan science yang memakai Bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar.  Juga pelajaran Bahasa Inggris harus dengan guru yang juga cakap berbahasa Inggris.  Jangan seperti guru Falya di SDN regular dimana bahasa pengantar dalam pelajaran Bahasa Inggris disampaikan dalam Bahasa Indonesia.  Sampai kelas 6 hanya translate kosa kata.  

Pertanyaan berikutnya, guru wali kelas 1 di SDN regular masih tetap dipakai? Apakah sudah diikutkan pelatihan atau setidaknya merubah mindset mengajar dari reguler ke RSBI.  Saya sudah melihat sendiri sistem belajar di SDN reguler selama 4 tahun (hanya 4 tahun karena sebelumnya  Falya di SD swasta dan SD Percontohan) yang membuat saya bolak-balik protes ke sekolah.  

Dua sekolah yang digabung dan tentunya dengan 1 kepala sekolah, kepala sekolah SDN 11 Kebon Jeruk beserta jajarannya harus ekstra kerja keras dengan status gabungan yang ada di sekolah yang dipimpinnya.  Bayangkan untuk tahun ajaran 2012/2013 kepala sekolah harus mengelola 6 tingkatan kelas (1-6) dengan status RSBI dan 5 kelas (kelas 2-6) dengan status reguler

Yah, semoga SDN 11 Kebon Jeruk bisa tetap bagus seperti sebelumnya walau 'ketumpahan' sekolah lain.  Semoga para pengajar dari SD reguler bisa menyesuaikan dengan sistem RSBI, bukan malah menurun kualitasnya.  Soalnya murid kelas 1 yang baru masuk nantinya akan membayar uang masuk dan uang bulanan yang hampir setara dengan sekolah swasta.  Tentunya orang tua murid berharap anaknya akan memperoleh fasilitas dan pengajaran yang sepadan, setidaknya sama dengan kualitas SDN 11 sebelumnya.




Widifayra
Mau Langsing dengan Nutrisi Sehat Alami?
Just klik

Labels: , , , , , ,

posted by Widifayra @ 4:29 pm  
0 Comments:

Post a Comment

<< Home
 

LANGSING & SEHAT

TOKO BAJU ONLINE

TOKO BAJU ONLINE

RAHASIA RUMAH GRATIS

RAHASIA RUMAH GRATIS

KLIK DISINI RAHASIA MENDAPATKAN RUMAH GRATIS !!! GRATIS E-BOOK SENILAI Rp.200.000,- PERSEDIAAN TERBATAS !!!

BINGUNG MENGATUR KEUANGAN ANDA???

CHECK UP FINANCIAL

SOLUSINYA DISINI !!!

About Me

Widya Astuti's Profile
Widya Astuti's Facebook profile

Click My Profile Picture To See Me @ FACEBOOK

Name: Widifayra
Home: Pos Pengumben, Kb. Jeruk, Jakarta Barat, DKI Jakarta, Indonesia
About Me: Nama saya Widya Astuti, biasanya dipanggil WIDI. FAYRA adalah gabungan nama 2 putri saya(FAlya-12 th dan khaYRA6 th). Lulusan PTN di Bogor dan pernah bekerja di salah satu Bank Swasta di Jakarta sebagai marketing kredit. Saat ini sebagai WAHM (Work At Home Mom), berbisnis untuk lebih mengembangkan potensi diri...dengan dukungan rekan-rekan yang super hebat di komunitas TDA.
Email: widifayra@yahoo.co.id
Kategori
Previous Post
Links
Bisnis
Kesehatan
Pendidikan
Comments

count webpage visits
Aku Langsing




Member of

JOIN TDA

Rekan TDA