FalyaNow my-Falya is... Lilypie Kids birthday PicAnd my-Khayra is...
Tulisan di blog ini hanya merupakan sharing dari saya. Tidak bermaksud menggurui siapapun. Jika bermanfaat, alhamdulillah. Jika tidak sesuai dengan pendapat Anda, saya mohon maaf dan agar dilupakan saja. Terima kasih...
AS FRANCHISEE MOZ5
Monday, May 19, 2008
AS FRANCHISEE MOZ5
Siang kemarin sepulang dari rumah mertua di Pondok Gede, saya mendapat sms dari seseorang yang rupanya tertarik untuk mengetahui lebih lanjut tentang pengalaman saya menjadi franchisee salon Moz5. Dan ini bukan penanya pertama lho, sudah ada beberapa yang nanya baik melalui telepon maupun email. Salah satunya mba Ema yang akhirnya menjadi franchisee salon moz5 di Karawang dan sudah beroperasi sekitar 2 bulan. Saya sih sama sekali ga keberatan sharing pengalaman saya. Syukur2 kalo bermanfaat bagi orang lain. Toh saya juga dalam tahap belajar menjadi entrepreneur.

Memang sih saya ga gamblang sharing perkembangan Moz5 Palmerah seperti mba Doris yang rajin banget posting perkembangan shakiraa-nya. Masalahnya saya ga gape nulis secara runtut detal demi detail, manalagi pribadi saya emang rada introvert gitu he..he..

Proses awal menjadi mitra Moz5 dan perkembangan awal Moz5 Palmerah bisa dibaca di postingan sebelumnya. Alhamdulillah sampai saat ini Moz5 Palmerah menunjukkan perkembangan yang lumayan. Omzet cenderung meningkat dan pelanggan juga semakin banyak. Sejak awal buka 6 Januari 2008 operasional salon sudah dapat ditutupi dari omzet bahkan ada lebihnya. Sebenarnya kalau based on asumsi cashflow di awal, omzet sudah melebihi target sejak Maret 2008. Namun tahap awal begini ada saja biaya tak terduga terutama maintenance gedung dan embel2 tak terduga lainnya yang mebuat pengeluaran cukup besar. Namun so far saya anggap itu adalah sebuah proses pembelajaran.

Menjadi franchisee tentu ada positif dan negatifnya. Kalau saya pribadi sih cukup nyaman ya menjadi mitra Moz5. Sebagai orang yang ga ngerti bisnis sama sekali apalagi bisnis salon, bermitra tentu jauh lebih enak. Semuanya diurus moz5 pusat, kami di cabang tinggal menjalani saja. Pada bulan2 awal saya hampir setiap hari nungguin di salon, melihat profil pelanggan, dan ikut nyebarin brosur. Setelah berjalan lancar, saya ga fullday lagi di salon, toh ada kasir yang merangkap supervisor yang mengatur segala sesuatunya di salon. Walau hampir tiap hari ke salon tapi paling 1-2 jam. Keahlian saya kan bukan di salon he..he.. Hanya saja tiap bulan saya menghitung setiap detail omzet, pengeluaran (yang tebagi ke beberapa pos), membuat lap keuangan, menjaga stock raw material, dll secara saya emang bisanya kerja yang beginian based on pengalama di kantor dulu he..he.. Oleh karena banyak make computer, bikin rumus dsb jadi saya bikin di rumah sajjah dikelilingi Falya dan Khayra, anak2 saya. Ada sih software di mba yuli tapi saya harus beli computer lagi untuk di salon yang menurut saya sih belum perlu banget karena belum seramai di Depok. Sayang listriknya kalo computer nyala fullday kan kita lagi disuruh hemat listrik ya ga? Sejauh ini dari hitung2n yang saya bikin sendiri pengerjaannya cukup mudah dan pegeluaran raw material bisa terukur.

Kalo negatifnya apa ya? Paling2 segala sesuatunya kita harus konfirmasi ke manajeman moz5 jadi ga bisa memutuskan sepihak. Jadi franchisee ga bisa mutuskan seenak e’ dewe. Kalo bagi saya sih ya itu resiko jadi franchisee. Namanya juga bermitra ya kan?

Dihitung2 sih lebih banyak positifnya jadi franchisee ga usah mikir yang berat2 he..he.. serahin aja ke pusat. Paling2 kalo ada usul bisa disampaikan ke manajemen Moz5, pemiliknya baik koq, ya ga mba Yul he..he.. jangan ge-er ya.. Apalagi Moz5 tambah banyak nih cabangnya otomatis pelanggan lebih memilih datang ke Moz5 yang semakin terkenal seantero Jakarta uhuy...

Hanya saja saya sih masih belum puas karena belum memiliki bisnis yang besarkan sendiri. Jadi saya belum merasa TDA sejati, belum punya bisnis Obsesi ini masih terus membayangi saya. Moz5 kan identik dengan mba Yulia. Pingin juga ada usaha yang identik dengan saya. Masih mencari dan memantapkan hati nih.. doain ya

Labels:

posted by Widifayra @ 5:42 pm  
1 Comments:
  • At 15 April 2011 at 6:59 pm, Blogger Unknown said…

    assalamu'alaikum mb Widia,
    Sy tertarik utk mengambil franchiseenya, klo boleh tau omzet terendah tiap bulan kira2 berapa ya? ada no telp yg bs sy hubg utk sharing informasinya makasih.wass,-iin

     

Post a Comment

<< Home
 

LANGSING & SEHAT

TOKO BAJU ONLINE

TOKO BAJU ONLINE

RAHASIA RUMAH GRATIS

RAHASIA RUMAH GRATIS

KLIK DISINI RAHASIA MENDAPATKAN RUMAH GRATIS !!! GRATIS E-BOOK SENILAI Rp.200.000,- PERSEDIAAN TERBATAS !!!

BINGUNG MENGATUR KEUANGAN ANDA???

CHECK UP FINANCIAL

SOLUSINYA DISINI !!!

About Me

Widya Astuti's Profile
Widya Astuti's Facebook profile

Click My Profile Picture To See Me @ FACEBOOK

Name: Widifayra
Home: Pos Pengumben, Kb. Jeruk, Jakarta Barat, DKI Jakarta, Indonesia
About Me: Nama saya Widya Astuti, biasanya dipanggil WIDI. FAYRA adalah gabungan nama 2 putri saya(FAlya-12 th dan khaYRA6 th). Lulusan PTN di Bogor dan pernah bekerja di salah satu Bank Swasta di Jakarta sebagai marketing kredit. Saat ini sebagai WAHM (Work At Home Mom), berbisnis untuk lebih mengembangkan potensi diri...dengan dukungan rekan-rekan yang super hebat di komunitas TDA.
Email: widifayra@yahoo.co.id
Kategori
Previous Post
Links
Bisnis
Kesehatan
Pendidikan
Comments

count webpage visits
Aku Langsing




Member of

JOIN TDA

Rekan TDA