FalyaNow my-Falya is... Lilypie Kids birthday PicAnd my-Khayra is...
Tulisan di blog ini hanya merupakan sharing dari saya. Tidak bermaksud menggurui siapapun. Jika bermanfaat, alhamdulillah. Jika tidak sesuai dengan pendapat Anda, saya mohon maaf dan agar dilupakan saja. Terima kasih...
Membuat Sushi
Wednesday, June 20, 2012
Membuat Sushi
 
Kami sekeluarga penggemar Sushi.  Dulu sih saya ga suka karena asemmm.  Hanya papi yang suka.  Tapi lama kelamaan saya dan Falya jadi suka sushi bahkan doyan.  Harganya cukup mahal kalau beli di restoran.  Berkisar 30-50rb/3-5 potong sushi.  Kalau mau lebih murah kami beli di Lotte mart atau Food Hall yang berkisar 20-30rb untuk 6 potongan kecil sushi.
Saking sukanya dengan sushi, papi sampai berniat mau ikut kursus membuat sushi padahal papi masak mie instant pun ga bisa haha…  Saya pun berniat ikut kursus tetapi waktunya yang ga sempat melulu.  Sampai akhirnya saya bertekad membuat sendiri berbekal resep hasil browsing.  

Percobaan pertama gatot alias gagal total.  Saya mencampur rice vinegar tanpa takaran, hanya kira-kira saja dan hasilnya nasi sushi ga bisa dimakan gara-gara keaseman.  Sampai akhirnya saya menemukan blog ini.  Sebenarnya resepnya sama dengan yang saya punya dari tabloid nova, namun dulu saya membuatnya tanpa takaran yang pas.  Nah agar takaran resep bisa pas saya menggunaka timbangan kue digital.  Dan hasilnya tara….sangat pas dengan rasa sushi buatan restoran.

Kunci rasa di sushi kan adalah nasinya.  Isinya sih bisa apa saja, mau timun jepang, alpukal, salmon, udang dll.  Nah sabtu kemaren saya mencoba membuat sushi dengan takaran yang pas.

Karena pernah gagal maka saya membuat sample terlebih dahulu tentunya saya konversi dulu resepnya.  Hanya 1 centong nasi alias 100gr dan ternyata rasanya pas sehingga saya membuat lagi dengan takaran yang lebih banyak.  Kebetulan suami tercinta baru datang jadi saya membuatkan untuknya.  Isinya hanya salmon, itupun bukan salmon fillet.  Selain karena mahal, saya lebih senang membeli pinggiran badannya salmon yang berlemak karena lemaknya baik untuk menurunkan kolestrol saya.

Percobaan kedua, rasa sushi sudah enak namun dari segi bentuknya masih berantakan.  Saya lalu ngintip di youtube cara menggulung sushi, so pada percobaan berikutnya sushi saya sudah cantikkk.

Rasanya senengggg banget bisa puas-puasin makan sushi dengan biaya yang tentunya jauh lebih irit.  Apalagi papi dan Falya.  Alhamdulillah senang banget bisa menyenangkan orang-orang yang saya cintai…

Ini resepnya ya…

1 kg nasi Jepang (Bisa dari nasi biasa yang dicampur ketan dengan perbandingan 1:10) masak denagn 1,8 liter air
150 ml Rice vinegar
50gr gula pasir
25 gr garam

Cara membuat:

1kg nasi dimasak dengan 1,8 lt air.  Setelah masak campurkan denagn rice vinegar, gula dan garam.  Setelah nasi dingin, taruh di atas Makisu (tikar penggulung sushi).  Sebelumnya alas dengan plastic terlebih dahulu.  Di atas nasi taruh nori (rumput laut) dan deretan isian seperti salmon, timun jepang dll.  Gulung.  Potong-potong.  Sajikan dengan mayonnaise atau balut dengan telur  ikan.  Dijamin enakkkkk banget.  

Note:
Saya biasanya masa nasi sebanyak 4 cup yang ada di rice cooker, itu beratnya kurleb 500gr+0.9 liter air.  Hasilnya kurleb 1 kg nasi.  Untuk satu gulungan makisu butuh kurleb 200 gr nasi + 15ml rice vinegar + 5 gr gula pasir + 2.5 gr garam.  Pengalaman saya, takarannya kurang atau lebih sedikit saja sudah mempengaruhi rasa.  Makanya saya pakai timbangan digital yang akurat.

Makisu saya beli di Ranch Market, ga tahu apakah di C4 ada atau tidak. Nori saya beli di Lotte Mart.  Pisau saat memotong dibasahin dulu dengan air matang jadi ga lengket ke nasi yang bisa membuat sushi berantakan.

Selamat mencoba ya...

Widifayra  
Mau Langsing dengan Nutrisi Sehat Alami?
Just klik

Labels: , , , , , , , ,

posted by Widifayra @ 8:29 am  
0 Comments:

Post a Comment

<< Home
 

LANGSING & SEHAT

TOKO BAJU ONLINE

TOKO BAJU ONLINE

RAHASIA RUMAH GRATIS

RAHASIA RUMAH GRATIS

KLIK DISINI RAHASIA MENDAPATKAN RUMAH GRATIS !!! GRATIS E-BOOK SENILAI Rp.200.000,- PERSEDIAAN TERBATAS !!!

BINGUNG MENGATUR KEUANGAN ANDA???

CHECK UP FINANCIAL

SOLUSINYA DISINI !!!

About Me

Widya Astuti's Profile
Widya Astuti's Facebook profile

Click My Profile Picture To See Me @ FACEBOOK

Name: Widifayra
Home: Pos Pengumben, Kb. Jeruk, Jakarta Barat, DKI Jakarta, Indonesia
About Me: Nama saya Widya Astuti, biasanya dipanggil WIDI. FAYRA adalah gabungan nama 2 putri saya(FAlya-12 th dan khaYRA6 th). Lulusan PTN di Bogor dan pernah bekerja di salah satu Bank Swasta di Jakarta sebagai marketing kredit. Saat ini sebagai WAHM (Work At Home Mom), berbisnis untuk lebih mengembangkan potensi diri...dengan dukungan rekan-rekan yang super hebat di komunitas TDA.
Email: widifayra@yahoo.co.id
Kategori
Previous Post
Links
Bisnis
Kesehatan
Pendidikan
Comments

count webpage visits
Aku Langsing




Member of

JOIN TDA

Rekan TDA