FalyaNow my-Falya is... Lilypie Kids birthday PicAnd my-Khayra is...
Tulisan di blog ini hanya merupakan sharing dari saya. Tidak bermaksud menggurui siapapun. Jika bermanfaat, alhamdulillah. Jika tidak sesuai dengan pendapat Anda, saya mohon maaf dan agar dilupakan saja. Terima kasih...
Olahan Jamur
Wednesday, August 01, 2012
Olahan Jamur
Menjawab tantangan dari pap untuk membuat olahan jamur selain jamur goreng tepung, tumis jamur dan sup jamur yang sudah selalu saya buat di rumah, saya berencana membuat sate jamur. Terinspirasi dari sajian Restoran Jejamuran yang kami singgahi saat makan siang dari Magelang menuju Yogyakarta saat liburan kenaikan kelas bulan lalu.  Restoran itu menyajikan masakan dari berbagai jenis jamur. Ada tongseng jamur, sate jamur, sup jamur, jamur penyet dll.

Kami sekeluarga memang penggemar olahan dari jamur. Jamur memiliki kandungan protein yang tinggi serta menyehatkan karena bebas kolesterol serta rasanya yang lezat. Anak-anak di rumah paling demen kalau saya buat jamur goreng tepung. Rasanya sama dengan ayam goreng tepung.

Jamur yang biasa saya konsumsi karena mudah diperoleh di pasat tradisional yakni jamur tiram yang berwarna putih. Harganya sangat murah. Di pasar tradisional dekat tempat tinggal saya (Jakarta) harganya hanya 16rb IDR/kg. Jamur ini paling sering saya olah menjadi jamur goreng tepung.

Jamur lain yang sering saya olah yakni jamur shiitake
Jamur ini tersedia dalam bentuk basah dan kering. Saya sering membeli dalam bentuk kering di pasar Mayestik Jakarta Selatan (di penjual bahan kue) atau dalam bentuk basah bisa diperoleh di supermarket. Baunya seperti pete'. Jamur ini yang dipakai sebagai topping pada pizza jamur yang dijual Pizza H**. Memang harganya lebih mahal dibandingkan jamur tiram. Rasanya juga enak koq apalagi dibuat goreng tepung... Hhmmm...lezaaaatttt.

Kali ini saya mencoba membuat sate jamur. Bahannya saya pakai jamur tiram saja karena stock jamur shitake saya lagi kosong. Resepnya dapat dari googling. Dan seperti biasa saya dalam memasak jarang pakai takaran. Ini resepnya :


Resep Sate Jamur

Jamur tiram 1/2 kg

Bumbu:
8 bawang merah
4 bawang putih
ketumbar disangrai lalu ditumbuk kasar (bila suka)
kencur (bila suka)
cabe merah (bila suka)
kacang tanah goreng 200 gr (haluskan)
gula merah 50 gr (atau semanis yang disuka)
garam

Cara membuat:
Jamur dicuci dan diperas lalu di potong-potong. Tiusikkan di tussuk sate. Bakar.
Bawang putih bawang merah dihaluskan lalu ditumis. Masukkan cabe merah yang sudah dihaluskan, ketumbar, gula merah, garam, kacang tanah halus. Masak hingga mengental. Tuang di sate jamur. Hidangkan.

Bisa juga tidak pake dibakar menjadi jamur bumbu sate.
Caranya setelah bumbu jadi masukkan potongan jamur, lalu kukus semuanya hingga bumbu meresap ke dalam jamur. Hidangkan.


Resep Jamur Goreng Tepung

Bumbu:
Bawang putih halus
Ketumbar dihaluskan
garam
gula sedikit
telur 1 butir

Terigu dan tepung roti

Jamur dicuci dan diperas sampai tidak berair. Masukkan dalam campuran bumbu. Balurkan dalam terigu lalu celupkan dalam kocokan telur. Balurkan dalam tepung roti. Hidangkan.

Selamat masak ya....



Widifayra 
Mau Langsing dengan Nutrisi Sehat Alami?
Just klik

Labels: , , , , ,

posted by Widifayra @ 5:49 am  
1 Comments:

Post a Comment

<< Home
 

LANGSING & SEHAT

TOKO BAJU ONLINE

TOKO BAJU ONLINE

RAHASIA RUMAH GRATIS

RAHASIA RUMAH GRATIS

KLIK DISINI RAHASIA MENDAPATKAN RUMAH GRATIS !!! GRATIS E-BOOK SENILAI Rp.200.000,- PERSEDIAAN TERBATAS !!!

BINGUNG MENGATUR KEUANGAN ANDA???

CHECK UP FINANCIAL

SOLUSINYA DISINI !!!

About Me

Widya Astuti's Profile
Widya Astuti's Facebook profile

Click My Profile Picture To See Me @ FACEBOOK

Name: Widifayra
Home: Pos Pengumben, Kb. Jeruk, Jakarta Barat, DKI Jakarta, Indonesia
About Me: Nama saya Widya Astuti, biasanya dipanggil WIDI. FAYRA adalah gabungan nama 2 putri saya(FAlya-12 th dan khaYRA6 th). Lulusan PTN di Bogor dan pernah bekerja di salah satu Bank Swasta di Jakarta sebagai marketing kredit. Saat ini sebagai WAHM (Work At Home Mom), berbisnis untuk lebih mengembangkan potensi diri...dengan dukungan rekan-rekan yang super hebat di komunitas TDA.
Email: widifayra@yahoo.co.id
Kategori
Previous Post
Links
Bisnis
Kesehatan
Pendidikan
Comments

count webpage visits
Aku Langsing




Member of

JOIN TDA

Rekan TDA